My First PEARL JAM Song ... !!!


Pearl Jam, adalah salah satu band yang dianggap memainstreamkan Grunge pada awal tahun 90an, bersama dengan Nirvana, Soundgarden, dan Alice in Chains, saya mungkin bukan generasi muda yang menikmati Grunge pada jaman keemasannya, saya justru mengenal Grunge di tahun 2006, dimana industri musik dunia sedang demam Justin Timberlake, atau juga demam Drama Musikal "High School Musical", pertama kali saya mengenal Grunge tentu dari Nirvana, saat itu saya mendengarkan sebuah kaset milik saudara tertua saya "MTV : Nirvana Unplugged" yang membuat saya begitu mencintai NIRVANA, saat itu saya hanya sebatas tahu bahwa Grunge = Nirvana, sampai suatu saat saya diajak oleh beberapa teman untuk menonton sebuah acara TOTAL GRUNGE di kota saya, semua pemuda bergaya grunge, berFlannel, bercelana belel, rambut gondrong saya identikkan dengan NIRVANA dan GRUNGEnya, lalu pada saat  salah satu band (saya lupa namanya...!) memainkan satu lagu saat itu dia hanya menyebut judul lagu. "OCEAN", dan saya belum tahu siapa band yang menulis lagu "OCEAN".



Band cover di acara TOTAL GRUNGE tadi benar-benar membawakan lagu OCEAN dengan sangat penuh penghayatan, dan sang vokalis melafalkan bait dengan jelas, dan terkesan itu lagu mereka, bukan lagu orang lain yang mereka bawakan.

beberapa lirik yang masih saya ingat :

"You don't have to stray
Two oceans away
Waves roll in my thoughts
Hold tight the ring...
The sea will rise...
Please stand by the shore..."

teman saya yang mengajak saya pun terkesan sangat hafal dengan lagu ini, saya pun tanya tentang liriknya, dan band yang menulis lagu ini, dan saat itu juga PEARL JAM telah membuat saya ingin mengenal GRUNGE, bukan hanya sekedar NIRVANA.

Seketika itu "OCEAN" menjadi lagu yang paling sering saya putar di Mp3 Player saya, dan paling sering saya mainkan saat bergitar riang,
Lagu dengan melodi yang indah dan alunan Rhytm yang manis, ditambah Vocal Eddie yang sangat mengetarkan Kepala untuk ikut bernyanyi sambil meniru-nirukan suaranya yang sangat sulit ditiru,
dari segi Lirik mungkin saya menilai lagu ini hanya tentang kecintaan Eddie pada Dunia Surfing, tapi bagi beberapa orang menganggap lagu ini adalah lagu cinta "Two Oceans Away" maksudnya adalah hubungan yang putus, atau Perceraian. saya sih kurang seberapa tahu yang saya tahu Liriknya sangat sendu, HAHA, itu saja.

OCEAN adalah lagu pertama saya yang membuat saya setidaknya sedikit mengetahui bahwa GRUNGE bukan Hanya NIRVANA, dan Bukan juga sekedar Distorsi atau Feedback, atau musik yang sederhana, Tapi Grunge adalah musik yang Luas seperti Ocean, ... :D :D





hold on to the thread
the currents will shift
guide me towards you
know something's left
and we're all allowed to dream
of the next time we touch..........
you don't have to stray
two oceans away
waves roll in my thoughts
hold tight the ring...
the sea will rise...
please stand by the shore...
i will be...
i will be...
there once more.........

Komentar

  1. Semoga Grunge tetap eksis seperti dulu kala. Semoga sukse. Mohon beri komentar pada tulisanku yang ini ya.- Grunge, Pearl Jam, Masa dulu dan kini

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[FLASH FICTION] Sunday Morning Call

[REVIEW FILM] MARINA

Movie Review - Damai Kami Sepanjang Hari (1985)