Per(Main)an Masa Kecil

karena akhir-akhir ini banyak tema yang membahas mainan / permainan tradisional jadi saya pengen banget cerita tentang permainan yang dulu sempet saya mainkan bersama kawan-kawan semasa kecil .. :) 
entah ini disebut tradisional atau bukan yang pnting kan ini mainan jaman dulu :) hehe

  • Tekong-Tekongan 
  Tekong-tekongan atau bahasa kerennya HIDE and SEEK adalah permainan dimana satu orang yang kalah dalam undian yang biasanya dimulai dari hom-pim-pa, orang yang kalah harus mencari orang lainnya yang harus bersembunyi agar tak dapat diketemuin dengan mudah..dulu permainan ini biasa dimainkan di kampung saya minimal 4 orang, namun syaratnya tidak boleh sembunyi di dalam rumah.. :D 

  •  Boll-Bollan 
Beda dengan main bola meskipun jika diartikan dalam Bahasa Indonesia Artinya sama, :) permainan ini membutuhkan alat beberapa batu pipih, biasanya dulu saya pake pecahan keramik yang disusun lalu bola berukuran sedang, bisa bola tenis, atau sekedar kertas yang dibentuk jadi bola seukuran bola tenis.
Cara mainnya mudah satu orang yang kalah hom-pim-pa, harus menjaga tumpukan batu tersebut, dan orang lainnya harus merubuhkan batu tersebut dengan cara melempar bola dari jarak tertentu, jika batu berhasil jatuh maka sang penjaga tadi harus berlari sambil membawa bola dan berusaha melempar bola mengenai lawan, 
Simple kan.. :), oiya jika lawan berhasil menyusun batu kembali sewaktu penjaga sibug mengejar maka perubuhan batu harus diulang.. :)

  • Patil Lele
Permainan ini lebih sulit daripada permainan sebelumnya karena permainan ini juga terdapat perhitungan jarak, permainan ini membutuhkan 2 buah kayu, penyangga untuk mematil.
permainan dibagi menjadi dua team, team satu adalah team pematil kayu, dan team dua adalah penangkap kayu, intinya permainan ini adalah ketangkasan tangan jika kayu tertangkap di jarak yang dekat maka akan ada kemudahan untuk mendapatkan poin bagi team satu, karena saya sendiri sudah agak lupa cara mainnya, kebetulan ada ilustrasi gambar .. hehe


  • Engkle 
permainan ini transgender, kalo tiga permainan diatas itu kebanyakan dimainkan ama cowok, kalo engklek ini bisa dimainkan cewek maupun cowok.
cara mainnya kita harus melompati kotak-kotak yang sudah disediakan dengan satu kaki.. 
:) 
 
sekian dan terima kasih :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[FLASH FICTION] Sunday Morning Call

[REVIEW FILM] MARINA

Movie Review - Damai Kami Sepanjang Hari (1985)