Gunung Penanggungan Catper 3 :D

Gunung ini sudah serasa menjadi gunung yang paling sering saya kunjungi, yah banyak alasan buat saya memfavoritkan gunung ini. 
Pertama : Gunung ini relatif mudah untuk didaki. 
Kedua : panoramanaya gak kalah juga dari gunung - gunung yang lain, nb : nilai plus dari sini kita bisa melihat jelas kemegahan Gunung Arjuna & Welirang.
Ketiga : Tidak butuh waktu lama untuk mendakinya kurang lebih 3 jam, cocok buat yang waktunya terpotong sibug di dunia kerja :D
Selain ketiga alasan tersebut masih banyak alasan lain yang sepertinya aneh tapi ini masuk akal.
Seperti Gunung ini menyimpan Legenda, diceritakan bahwa gunung ini adalah puncak sejati dari Mahameru.
Suatu kisah, pada zaman itu Pulau jawa adalah pulau yang tidak tetap, sering bergerak terbawa arus, dan Batara Guru memerintahkan para dewa untuk memindahkan Mahameru yang berada India ke Pulau Jawa Sebagai Pemberat. Semula Mahameru di letakkan di sebelah barat Pulau jawa yang mengakibatkan Pulau jawa tidak seimbang, lalu dipindahkan ke timur, selama proses pemindahan, banyak bagian-bagian Mahameru yang jatuh tercecer inilah yang menjadikan Pulau jawa dipenuhi Gunung Berapi. 
Setelah sampai di sisi timur Pulau jawa masih tetap tidak seimbang. dan membuat para dewa kesal, sampai akhirnya para Dewa memotong puncak semeru dan membuangnya sedikit ke arah Utara.  dan muncullah Gunung Pawitra atau Penanggungan.
Gunung ini juga dianggap gunung suci pada jamannya, terlihat dari begitu banyak candi dan gua - gua pertapaan di sekitar lereng, sayang sampai sekarang saya masih belum sempat mengunjungi situs sejarah peninggalan Purbakala.

Salah satu kendala mendaki gunung ini adalah sulitnya mendapatkan sumber air, dan ini juga ada Legendanya.
Suatu kisah Batara Gunung menuju gunung penanggungan untuk bertapa. Selama bertapa setiap hari Batara Guru mandi 6 kali sehari semalam. akibatnya seluruh air di Gunung penanggungan habis, dan Batara Guru yang kehabisan air terpaksa menghentikan Pertapaan dan Berpindah ke Gunung Kemukus, tapi setelah menemukan air disana, ternyata air di Gunung Kemukus berbau Belerang, dan jadilah Gunung Itu bernama Gunung Welirang, Tepat berseberangan dengan Gunung Penanggungan atau Gunung Pawitra. :) 
kalo mau lihat catatan Perjalanan kemari :
- Catper 1
Catper 2


Sedikit oleh-oleh dari Penanggungan
Puncak Penanggungan dari Campground
 
Puncak Penanggungan
Jalan Turun

Track Puncak

Arjuna - Welirang dari Penanggungan

NB : kalo belum ke Penanggungan berarti belum pernah ke puncaknya semeru :) :D 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[FLASH FICTION] Sunday Morning Call

[REVIEW FILM] MARINA

Movie Review - Damai Kami Sepanjang Hari (1985)