Panggung Orasi Budaya (Komunitas Budaya Jawa Timur)

Sabtu, 14 April 2012. Komunitas Budaya Jawa Timur mengadakan sebuah acara surprise dadakan tanpa rencana dan tapi dengan perijinan jelas. Pemandu Acara ini adalah seorang Seniman yang dikenal di Surabaya maupun Jawa Timur bahkan juga nasional, Taufik Monyong 


acara ini diadakan di Taman Apsari tempat dimana dikenal sebagai taman kumpul berbagai Komunitas, dan Letaknya pun sangat strategis sebagai ajang Orasi ataupun Curhat Rakyat, Karena Letak Taman Apsari sendiri berada tepat di Depan Gedung Grahadi (Kantor Gubernur Jawa Timur)
di Acara ini para Seniman Budaya tidak hanya menunjukkan budaya Indonesia, tapi juga mengundang berbagai sumber untuk berbicara tentang Isu-isu Politik atau isu-isu rakyat saat ini.
acara dimulai pukul 5.00 dan sudah ada beberapa seniman yang mengecat tubuhnya berteater di panggung di depan Kantor Gubernur JATIM, mereka berteater tentang bagaimana susahnya rakyat Indonesia yang tertipu, namun sayang Para Pejabat di Kantor Gubernur seperti tidak peduli dan Acuh.


Patung Gubernur Suryo Menghadap Kantor Gubernur

Panggung Orasi Budaya

Musikalisasi Puisi Di Depan Kantor Gubernur

Bendera Merah Putih



Reggae Surabaya in Panggung Budaya
lalu mengajak rakyat yang ingin Curhat untuk menyuarakan isi hatinya, bersama para seniman yang berpuisi, ber orasi sambil diiringi musik sederhana dari Biola, Gitar Akustik, dan Djimbe.

selain itu juga ada acara diskusi tentang isu-isu akhir-akhir dengan beberapa narasumber, dan terkadang diselingi humor - humor segar dan fresh ala Stand Up Comedy, lalu Taufik Monyong juga mengajak beberapa komunitas musik untuk perform di Panggung Orasi Budaya, 

Acara seperti ini sepertinya memang harus rutin dijalankan seminggu sekali atau minimal dua minggu sekali, karena selain di Surabaya sendiri menurut saya belum ada perhatian khusus oleh pemerintah atau instansi terkait terhadap para seniman budaya di Kota Surabaya dan sekitarnya, selain itu juga bisa menjadi ajang Curhat Rakyat agar suara mereka didengar secara langsung oleh pemerintah dan agar pemerintah juga tahu apa yang sedang diinginkan rakyat.
Semoga dengan acara seperti ini Indonesia bisa menjadi jati dirinya sebagai bangsa yang Bhinekka Tunggal Ika, dan Pancasila kembali Sakti. 



Salam,
Iannd

NB : maaf fotonya burem, Kamera Hape Jadul ..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[FLASH FICTION] Sunday Morning Call

[REVIEW FILM] MARINA

Movie Review - Damai Kami Sepanjang Hari (1985)