Lagu Tentang Pahlawan. !!! [SELAMAT 10 NOVEMBER]

Ini lagu dari beberapa musisi di Indonesia yang menceritakan tentang Pahlawan, untuk memperingati Hari Pahlawan. JAS MERAH !!!

1. Iwan Fals, “Bangunlah Putra-Putri Pertiwi” (1981)
Lagu ini sepertinya sebuah pernyataan tentang masa depan bangsa yang ada di pundak rakyatnya sendiri. Bahwa kita semua bisa menjadi pahlawan bagi negeri ini. Liriknya fenomenal, mengajak kita bangun, “Mandi dan gosok gigi/ Setelah itu kita berjanji (bahwa) pagi esok hari atau lusa nanti/ Garuda bukan burung perkutut/ Sang saka bukan sandang pembalut/ Dan coba dengarkan/ Pancasila itu bukan rumus kode buntut”. yeh TERUS BERGERAK.


2. Endah N Rhesa, “Thousand Candles Lighted” (2006)
Sebagai interpretasi dari catatan pinggir Goenawan Mohamad setelah wafatnya pejuang hak asasi manusia Munir, lagu ini cukup intens menggambarkan sosok seorang pahlawan. Judulnya diambil dari aksi candle light vigil dalam rangka mengenang Munir di Bunderan HI, Jakarta. Lirik dalam bahasa Inggris yang dilantunkan duo ini tak begitu eksplisit tentang pahlawan, namun pesannya cukup jelas—terutama pada bagian “Only with strength and hope we bring a better tomorrow” yang menghentak.


3. Alien Sick, “Terminal Khusus” (2011)
Alien sick adalah band beraliran Grunge, “Terminal Khusus” adalah potret buram pahlawan devisa kita: buruh migran. Liriknya kejam dan tanpa tedeng aling-aling: “Kadang diperkosa, kadang dipenjara, kadang dipidana/ Mati”. Bagian ini seperti mengingatkan kita pada kewajiban negara untuk perlindungan dan pemenuhan hak-hak para pahlawan dari Indonesia ini. 


4. Besok Bubar, “Pahlawan Bertopeng” (2010)
Besok Bubar juga merupakan band bergenre Alternative Rock atau biasa dikenal Grunge, menebar kritik pedas terhadap fenomena terorisme. “Mereka berpikir, mereka yang paling benar/ Iblis bermuka dua, bicara tentang surga”. “Mereka pembunuh, mereka bukan pahlawan”. Satu tema penting lagi yang dieksplorasi oleh pelaku musik Indonesia.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[FLASH FICTION] Sunday Morning Call

[REVIEW FILM] MARINA

Movie Review - Damai Kami Sepanjang Hari (1985)