Favorited Best Grunge Songs :)


10. Soundgarden - My Wave


Cry, if you want to cry
If it helps you see
If it clears your eyes

Hate, if you want to hate
If it keeps you safe
If it makes you brave

Don't come over here
And piss on my gate
Save it just keep it
Off my wave

Soundgarden punya kekuatan pada karakter musik yang kental, bisa dirasakan pada suara khas chris cornell atau pada permainan gitar Kim Thayil, Lagu my wave sangat mengisyaratkan para pengena Grunge yang kebanyakan (tidak semua) ? menganut paham DIY (Do It Yourself).. "Cry If You want to cry, if it helps you see, if its clears your eyes..."

9. Nirvana - Aneurysm 

 
Love you so much it makes me sick
Come on over and do the twist

Lagu ini adalah persepsi pertama saya terhadap Grunge, analisa datar bahwa musik Grunge itu akan selalu berdistorsi, ber feedback, dimulai dengan alunan keras lalu menjadi lemah gemulai dan kemudian keras kembali, Intinya ini salah satu lagu grunge terbaik sepanjang masa  :))

8. Pearl Jam - Alive


                                        

Hey I, oh, I'm still alive

Seperti kebanyakan lagu Pearl Jam yang lyricnya selalu bercerita, Lagu Alive ini sangat menginspirasi, dengan suasana musik yang dibawakan Pearl jam sangat sesuai dan membuat lagu ini semakin menjadi salah satu Lagu Pearl Jam yang paling istimewa, Bercerita tentang Seorang anak yang mengetahui bahwa ayah nya adalah ayah tirinya, Lagu ini mengajarkan kita untuk menjadi orang baik meskipun banyak hal buruk terjadi



7. Hole - Malibu
                                       



To Malibu
Oceans of angels, oceans of stars
Down by the sea is where you drown your scars

Lagu ini saya kira cukup menggambarkan Scene Grunge setalah Nirvana, atau setelah grunge melewati masa mainstream, dari segi lirik dan musik meskipun dari musik tidak sama dengan grunge yang saya gambarkan di lagu Aneurysm Nirvana...

6. Mudhoney - Suck You Dry


No time like he present
To get ripped apart
Got this burning desire
Aiming straight for your heart
Suck you dry
Suck you dry
Can't breath until
I suck you dry
 
Mark Arm adalah figur yang selalu dikaitkan dengan istilah pemakaian Grunge pada musik yang berkembang tahun 90'an, Mudhoney sendiri adalah menurut saya prototipe Grunge paling ideal, Lagu ini juga membentuk karakter Grunge tersendiri dari segi distorsi grunge, beat yang mengundang untuk melakukan moshpit dan Lyric yang sederhana tapi bermakna.

5. Screaming Trees - Nearly Lost You 



I nearly, I nearly lost you there
And it's taken us somewhere
I nearly lost you there
Let's try to sleep now 

Screaming Trees adalah band grunge paling  Psychedelia menurut saya, dan lagu ini adalah lagu pertama yang membuat saya bernyanyi sepanjang waktu meskipun hanya tau lyric pada bagian I nearly Lost You, dan keistimewaan lagu ini juga pada melody yang stagnan khas grunge .. 

4. Alice In Chains - Rooster


Ain't found a way to kill me yet
Eyes burn with stinging sweat
Seems every path leads me to nowhere

Lagu Tersedih tentang seorang ayah yang berperang di Vietnam dan menerima efek buruk perang ketika kembali, Layne Stanley membawakannya dengan sangat apik dan seperti lagu-lagu sedih Alice in Chains lainnya lagu ini akan sangat terasa jika di dengarkan dalam suasana yang kelam..:) 

3. Pearl Jam - Black


Lagu ini menjadi lagu yang paling saya putar dari awal saya tau lagu ini di gigs Grunge Lokal, Lirik, Sound, Melodi, Vokal menjadi Harmonisasi yang sangat manis, apalagi ketika dibawakan Live oleh Pearl Jam. Eddie vedder sanggup membawakannya dengan Romantis yang kelam.. :)

2. Alice In Chains - Love Hate Love


Love Hate Love adalah lagu Alice in Chains yang menggambarkan mengapa saya mengidolakan Layne Stanley, Lagu patah hati yang berbalut distorsi khas heavy metal dan gepukan Drum Matt Cameron yang mengisi KeKhasan Grunge Alice in Chains.

1. Nirvana - Smells Like Teen Spirit


Lagu grunge termainstream sepanjang masa yang membawa Grunge menuju titik puncak.nya :), dan lagu yang paling sering saya nyanyikan, saya dengarkan, dan saya bawakan di Gigs - gigs Grunge Lokal.. Lagu wajib menurut saya, dan jika ingin menerangkan grunge secara sederhana katakan saja Smells Like Teen Spirit .. :) 


SELAMAT MENCARI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[FLASH FICTION] Sunday Morning Call

[REVIEW FILM] MARINA

Movie Review - Damai Kami Sepanjang Hari (1985)